Senin, Mei 11, 2009

COPET SOMPRET

Minggu, 10 Mei 2009
Hari ini gw dan Fasur mendapatkan request dari Ndui untuk nemenin dia belanja di pasar ***** (nama pasar disamarkan). Sekitar jam 11 pagi gw, Fasur, Ndui, dan Devy, temennya Ndui yang baru gw ama Fasur kenal berangkat menggunakan angkutan umum yang berjudul “Transjakarta Busway”, sebuah angkutan umum yang sebenarnya efektif mengurangi tingkat kemacetan di Jakarta apabila para pengguna kendaraan pribadi sadar akan kendaraannya yang memenuhi jalanan di Jakarta dan beralih ke angkutan ini

Kami naek transjakarta dari shelter Pasarebo, waktu baru mulai masuk bus dan bus bergerak, Ndui yang notebene badannya berat sedikit kehilangan keseimbangan saat bus mulai melaju, alhasil dia pegangan Fasur dan menginjak sandal jepit Fasur sampe sendalnya putus. Ironis memang melihat keadaan seperti itu diawal perjalanan panjang kami. Sendal jepit putus kaya gitu bisa diakalin pake peniti buat ngeganjel supaya ga lepas, tapi ga ada yang punya peniti.
Kecuali……..
GW. Gw punya peniti di tempat persembunyian gw, dan penitinya juga gw butuhin buat ngeganjel sleting celana gw yang bandel, maunya melorooot mulu. Awalnya gw ga mau ngasih penitinya ke Fasur, kalo sleting gw melorot, si “tom” bisa masuk angin kena AC di transjakarta. Tapi waktu nyampe di pasar, gw kasian juga ngeliat Fasur jalan kaya orang polio, nyeret nyeret sendalnya yang udah putus, atau juga dia mirip orang yang baru nginjek tai ayam, jalan kakinya sambil diseret-seret. Terlebih lagi cuaca yang panas membuat gw kegerahan, misalnya sleting celana kebuka sedikit aja angin bisa masuk, dan ”tom” tidak akan kepanasan, hehehe. Akhirnya gw kasih penitinya ke dia, gw merelakan sleting gw bakal mangap-mangap menunjukan mobil gw yang disimpen di garasi bawah.

Oke, permasalah sendal Fasur selesai

Di pasar ini emang rawan banget copet, jambret, sampe babi ngepet, sompreeeet. Saat mulai masuk pasar, gw udah ngingetin temen-temen untuk selalu waspada dan berhati-hati karna kata bang napi : “kejahatan terjadi bukan hanya karna ada niat pelakunya tapi juga karna ada kesempatan, waspadalah, waspadalah!”. Dari waktu mulai masuk pasar, gw ngeliat ada seseorang yang mencurigakan sebut saja dia “Paung”, dan ternyata dia tidak bergerak sendiri, dia bersama temannya sebut saja “Njum”. Melihat tampang kami yang bloon-bloon, Paung tampak telah menemukan target untuk dicopet sehingga dia menyuruh Njum untuk bergerak.
Mereka terus mengikuti kami sembari menentukan siapa yang paling mudah dicopet dan mencari dimana korban meletakan barang yang bisa dicopet, gw yang udah curiga terus berhati-hati dan mencoba ngasih tau Ndui kalo kita lagi diikutin. Di beberapa persimpangan mereka sempat menghilang, mungkin agar kami tidak curiga. Tapi gw selalu waspada ngawasin gerak-gerik mereka.
Dan inilah dia saatnya duo “Paung dan Njum” beraksi.
Waktu dipersimpangan mereka muncul lagi. Tadinya Ndui jalan di samping gw, tapi setelah gw ngeliat itu dua curut muncul lagi, gw jalan di belakang mereka untuk ngawasin gerak-geriknya.
Paung dan Njum mencopet dengan modus “pengalihan perhatian korban”, begini skema pencopetannya :
- Njum sebagai eksekutor (yang ngambil barang) berjalan di depan korban.
- Paung sebagai pengalih perhatian berjalan di belakang korban, menentukan timing yang tepat untuk beraksi.
Gw yang udah sering ngeliat trik-trik kaya gini di Reportase Investigasi dengan cepat menyadari apa yang akan Paung dan Njum lakukan.
Ternyata Paung memilih Fasur untuk dijadikan target, mungkin tampang dia yang paling lemah, lesu, lunglai, dan lengah. Paung tiba-tiba megangin kaki Fasur berpura-pura ngambil rokok dia yang keinjek Fasur. Perhatian pun langsung menuju kaki Fasur semua, pada saat ini Njum yang berada di depan Fasur mulai beraksi untuk merogoh kantong celana Fasur yang ada hapenya. (Hati-hati mas Njum salah rogoh , nanti yang dirogoh “adenya” Fasur lagi, bukannya kecopetan, Fasur malah kegelian “adenya” dipegang-pegang). Gw langsung sadar kalo mereka udah mulai beraksi, dan memperhatikan setiap gerakan Paung, tapi gw ga ngeliatin Njum sang eksekutor. Setelah Paung selesai mengambil rokok, Njum pun selesai mengambil hape Fasur, mereka langsung pergi ke belakang kami. Buru-buru gw nanyain Fasur : “Sur barang lu ada yang ilang ga?” Untung slow motion Fasur yang biasa diperagain disetiap gerakannya (alias dia tuh lelet banget ) ga muncul di saat genting seperti ini, dia langsung ngeliat kantongnya dan bener aja hapenya udah ga ada.
Dengan cepat Fasur mengambil langkah 100.000, untuk ngejar copet tadi, gw pun langsung lari ikut ngejar. Ndui dan Devy yang bingung malah liat-liatan kaya film romantis. Kami yang belom pernah ngalamin keadaan kaya gini, lari doang tanpa teriak “copeeeeet”, baru kemudian setelah beberapa pedagang yang ngeliat kami lari-larian di lorong pasar ngasih saran buat teriak, Ndui teriak “maliiiiing” (padahal kan kita kecopetan bukan kemalingan). Tapi teriakan Ndui ga ngaruh, karna waktu dia teriak, ternyata Fasur udah mendapatkan kembali hapenya. Hey, bagaimana bisa Fasur dapetin hapenya lagi?

Begini, pada waktu kecopetan, gw ama Fasur bagaikan “Joe Sandy dan Limbad”, gw sebagai Joe dengan cerdik mengawasi gerak-gerik pelaku dan dengan cepat menyadari kalo Fasur telah kecopetan, dan Fasur sebagai Limbad dengan cepat, tepat, dan tangkas berlari sekencang mungkin mengejar pencopet hingga pencopet terkejar. Saat pencopet sudah di depan Fasur persis, Fasur meneriaki “woi copeeet”, dengan sangat lugunya atau mungkin takut tertangkap dan digebukin seisi pasar, Njum langsung balikin hapenya Fasur, dan dengan tampang bodohnya, Fasur langsung melihat hapenya apakah ada sms dari Elok (pacarnya Fasur) atau tidak, ternyata tidak ada, Fasur langsung memasukkan hapenya kembali ke dalam kantong dan membiarkan kedua copet itu kabur.

Waktu ditanyain, “ko bisa dibalikin gitu Sur hapenya?” Fasur pun bercerita kronologi pengejaran :
gw reflek kan ngejar copetnya, untung aja nilai lari gw di atang bagus jadinya udah biasa gw lari, udah gitu pas gw ngeliat di pertigaan, copetnya lagi jalan, mungkin dia lagi diskusi nentuin siapa yang megang hapenya…….”
Inilah sedikit percakapan Paung dan Njum waktu berdiskusi :
P : “Mana hapenya”
N : “Nih, lu aja nih yang megang, badan gw gendut kalo gw kekejar ga dapet apa-apa nih hari ini”
P : “Yaelah lu aja yang megang, gw takut ketauan”
N : “Ah lu aja, gw kan udah ngambil, kalo gw juga yang nyimpen, dosa gw lebih gede”
P : “Oh iye ye, bener juga, kesian lu, udah di dunia susah, di akherat juga melarat”
N : “Nah makanya lu aja dah yang megang”
P : “Gini aja dah, mendingan kita cang kacang panjang yang panjang megang
N : “Oke”
P & N : “Cang kacang panjang yang panjang megang
P : “Yes gw menang, lu yang megang yak”
N : “Dasar nasib”

“……..nah waktu dia lengah gitu, langsung dah gw teriakin woi copeeeet, dibalikin dah hape gw”

Selamet deh hapenya Fasur berkat kesiagaan gw dan kecepatan Fasur dalam berlari mengejar pencopet.

Menurut gw, Paung ama Njum belom professional, seharusnya, pada saat Njum ngambil hape, dia terus berjalan ke depan, sementara Paung jalan ke belakang, sehingga mengacaukan konsentrasi korban. Atau jika mereka berjalan ke belakang bersama, mereka seharusnya berpisah di pertigaan dan dengan cepat memindahtangankan hapenya, tidak berlari bersama seperti itu, sehingga mudah terkejar oleh Fasur.

Pengalaman pertama kecopetan tapi berhasil diantisipasi.

Meskipun ada yang kecopetan, tidak mengurangi sedikitpun selera belanja Ndui. Kemudian kami pun keliling pasar sambil terus berwaspada terhadap sompret, eh copet.

Jika anda sedang berada di tempat ramai, selalu waspadalah, jaga barang-barang anda, karna "barang" anda adalah masa depan anda.
“Ingat! Kejahatan terjadi bukan hanya karna ada niat pelakunya tapi juga karna ada kesempatan, waspadalah! waspadalah!”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar